Cara Sinkronisasi Dapodikdasmen 2020b

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis aplikasi Dapodikdasmen terbaru versi 2020b dan 2020b patch 1. Bagi yang sudah mengupdate dan menginstal aplikasi Dapodikdasmen versi terbaru baik 2020b maupun 2020b patch 1 tentunya mengetahui ada perubahan mendasar yakni berubahnya tempat atau posisi kepala sekolah yang tidak lagi berada di menu guru namun berpindah ke tendik. Selain itu untuk melakukan proses sinkronisasi pun telah diubah. Sehinga tidak sedikit operator yang kebingungan untuk melakukan sinkronisasi dapodikdasmen versi 2020b ini.

Untuk melakukan sinkronisasi dapodikdasmen versi 2020b operator harus berpindah ke akun kepala sekolah. Dan untuk login ke kepala sekolah tersebut harus menggunakan fitur terbaru Tukar Pengguna, ataupun dengan cara keluar aplikasi kemudian login dengan user kepala sekolah yang telah dibuat di menu penugasan GTK.

Adapun fungsi fitur tukar pengguna ini adalah untuk beralih dari akun operator ke akun Guru dan tendik secara cepat tanpa perlu keluar aplikasi dan memasukkan user email dan password.

Berikut cara tukar pengguna dapodikdasmen ke akun kepala sekolah.

Setelah login di dapodikdasmen, silakan klik pengaturan pada bagian kiri bawah tampilan aplikasi. Kemudian Klik Tukar Akses Pengguna.

fitur akses tukar pengguna
Fitur Tukar Akses Pengguna Dapodikdasmen
memasukkan kode registrasi dapodik saat tukar pengguna

memasukkan kode registrasi dapodik saat tukar pengguna

Berikutnya muncul permintaan memasukkan kode registrasi dapodikdasmen. Masukkan kode registrasi Dapodik. Klik Oke. Jika gagal dan muncul tulisan Terputus dengan Server, ulangi lagi.


Ketikkan nama Kepala Sekolah, atau scroll mouse jika ketemu, klik nama Kepsek. Lalu klik Tukar Pengguna.

PERHATIAN. 

Jika Data Pengguna tidak ditemukan, maka operator wajib membuat akun atau user kepala sekolah lebih dahulu. Cara membuat akun kepala sekolah, mauk ke menu GTK.

Klik GTK > Tendik > Klik Nama kepala Sekolah > Klik Penugasan > Klik Buat/Ubah akun PTK

membuat akun guru tendik di dapodikdasmen
akun kepala sekolah

Masukkan email dan buat password PTK di akun GTK ini kemudian klik Simpan.
Jika tahap ini sudah dilakukan maka untuk menggunakan fitur tukar akses pengguna atau login ke akun Kepsek, akan lancar tanpa kendala.


validasi dapodik sebelum sinkronisasi


Nah sebelum melakukan sinkronisasi, tentunya wajib melakukan validasi dulu, jika invalid di semua data, maka bisa melakukan sinkronisasi dapodikdas 2020b. Klik Menu Sinkronisasi.

Tahap selanjutnya adalah langkah lembar konfirmasi. Lembar Konfirmasi ini memuat rekapitulasi data yang telah dientri ke dalam Aplikasi Dapodik. Sebelum melakukan sinkronisasi ke server pusat Kemendikbud, Sekolah harus melakukan konfirmasi bahwa data yang dikirimkan ini benar dan valid. Klik Lanjut. Klik Tampilkan.


lembar konfirmasi sikronisasi dapodik
lembar konfirmasi
ceklis lembar konfirmasi sikronisasi dapodik
pengiriman data sinkronisasi dapodikdasmen 2020b


Kemudian centang/klik item-item yang ada. Berikutnya Klik Konfimasi Isian Dapodik. Lalu Lanjut Sinkronisasi. Dan data dapodik siap disinkronisasi.

Memang proses sinkronisasi dapodikdasmen versi 2020b ini lumayan lebih ribet daripada aplikasi versi sebelumnya. Dimana operator harus keluar masuk akun terlebih dulu dari perubahan data hingga proses sinkron. Setelah masuk akun Kepsek pun harus melewati langkah konfirmasi dulu.
Ya kita ikuti aja deh apa maunya pengembang aplikasi.

Demikian tadi bagaimana cara operator sekolah melakukan sinkronisasi dapodik versi terbaru 2020b. Yakni dengan login ke akun Kepala Sekolah menggunakan fitur tukar akses pengguna. Semoga dengan artikel ini bisa membantu rekan operator dapodik yang masih bingung cara sinkronisasi dapodik.


0 Response to "Cara Sinkronisasi Dapodikdasmen 2020b"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel