Persiapan dan Cara Instalasi Erapor SD

Dalam rilis berita terbaru di web dapo.dikdasmen.go.id telah kita ketahui bersama ada beberapa hal yang menjadi poin penting antara lain mengenai rilis aplikasi dapodikdasmen 2020b patch 1, dan imbauan penggunaan aplikasi erapor yang terintegrasi dapodik. Pada kesempatan sebelumnya juga sudah operator cantik bagikan installer aplikasi Erapor khususnya erapor SD. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara instal aplikasi erapor SD di komputer.

Sebelum rekan operator menginstal aplikasi erapor SD ini, ada beberapa persiapan dan hal-hal yang harus diketahui serta dipersiapkan agar aplikasi erapor SD ini dapat berjalan dengan baik di komputer teman-teman operator. Syarat utama adalah di komputer telah terinstal Aplikasi Dapodikdasmen versi terbaru dalam hal ini dapodikdasmen 2020b patch 1.

Persiapan dan Cara Instalasi Erapor SD


Spesifikasi Komputer untuk Instal Erapor


Karena erapor diinstal diaplikasi yang sama dengan dapodik, dan berfungsi sebagai server tentunya spesifikasi minimal komputer sama dengan spesifikasi minimal untuk Dapodik yakni:


a. Komputer ber Prosesor setara dual core.
b. Sistem Operasi menggunakan Windows XP/7/8/10,(32/64bit) disarankan windows 7 keatas atau winserver  2012.
c. Memori RAM minimal 2GB, disarankan 4GB.
d. Ruang kosong pada drive C minimal 500MB.

Laptop saya sendiri menggunakan RAM 6 GB, Sistem Operasi Windows 10 dan prosesor Core i3. Selama mengerjakan lancar dan berjalan cukup cepat.
Saya yakin laptop rekan operator dapodik SD sudah sesuai semua dengan spesifikasi  diatas. Karena misalnya RAM nya kecil, maka akan menghambat posisi kita sebagai Admin erapor, karena pekerjaan menjadi lambat.

Kemudian agar instalasi berjalan lancar, beberapa hal yang harus dipersiapkan:

a. Komputer yang difungsikan sebagai server harus terinstal aplikasi Dapodik versi 2018b
b. Nonaktifkan firewall di Windows Komputer.
c. Nonaktifkan antivirus yang terpasang di komputer, karena ada beberapa AV yang mengganggu kinerja Erapor.


Hal yang harus diperhatikan di dalam aplikasi Dapodik


Berdasarkan pengalaman saya saat mengerjakan aplikasi dapodik operator dapodik yang juga sebagai admin erapor harus memperhatikan isian dalam aplikasi dapodik. Hal khusus dan penting yang harus diperhatikan dengan seksama yakni:

1. Mapping Siswa dalam Rombel

Disebutkan diatas aplikasi Erapor mengambil data dari aplikasi dapodik. Karena itulah maka mapping siswa harus pas di rombel yang sesungguhnya. Kasus yang sering terjadi adalah pada sekolah dengan rombel banyak. Misalnya di kelas 2 ada 4 rombel, nama-nama siswa dalam rombel harus sesuai dengan yang dimiliki wali kelas. Jika siswa tidak sesuai atau tertukar-tukar akan merepotkan kita sebagai admin, artinya harus menarik ulang data rombel erapor dari dapodik. Jadi sebelum memulai erapor, pastikan siswa termapping dengan benar di dapodik.

2. Data Agama Siswa 

Yang paling utama adalah data Agama pada siswa, pengalaman saya ada siswa salah dalam memilih agama, seharusnya Kristen Protestan malah dipilih Islam, karena itu cek ulang data agama siswa. Bisa diminta cross check ulang data berdasar agama dengan guru mapel Agama. Jika data agama tidak sesuai, maka nama siswa yang bersangkutan tidak muncul di format excel input nilai guru agama.

2 hal di atas penting diperhatikan oleh operator admin dapodik. Maka jika sebelum instal Erapor, baiknya hal tersebut di atas sudah beres.

Baiklah kita ikuti saja selanjutnya bagaimana cara instal erapor SD

Setelah kita unduh installer aplikasi silakan klik 2 kali file exe erapor atau klik kanan pilih run as administrator.   Kemudian pilih Yes (jika run as administrator) Atau run (jika pilih open)

cara Instalasi erapor SD
cara Instalasi erapor SD

cara Instalasi erapor SD

Ikuti langkah-langkah berikutnya, seperti kita menginstal aplikasi lain di komputer. Jika sudah terinstal maka akan muncul di desktop komputer short cut  untuk membuka aplikasi. Klik 2 kali untuk setiap kali membuka aplikasi erapor

eRAPOR sd 2019

Aplikasi Erapor akan terbuka di browser default. Bisa Firefox, Chrome ddl. Jika ingin manual pada browser yang diinginkan maka silakan ketik alamat http://localhost:2689/index.php.

Setelah terbuka akan muncul tampilan seperti di bawah.

login erapor SD 2020
Untuk login silakan sebagai admin.
Username ketik admin, password ketik admin123456 Pilih Level User pilih Admin.

Sedangkan semester awalnya adalah semester ganjil 2019/2020, jika ingin mengubah ke semester genap, maka harus dikoneksikan atau dihubungkan dengan aplikasi dapodik yang terbaru. Silakan buka dalam artikel cara sinkronisasi/update erapor SD ke semester genap 2019/2020. 

Demikian tadi tutorial cara instalasi erapor SD dan persiapan apa saja yang harus diperhatikan oleh operator dapodik selaku admin erapor SD. Masih ada beberapa pengaturan lain yang harus dikerjakan admin erapor sebelum Erapor bisa dikerjakan sepenuhnya.

Untuk panduan instalasi Erapor SD bisa dilihat di link video di bawah. Silakan subscribe Channel Youtubenya.


0 Response to "Persiapan dan Cara Instalasi Erapor SD "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel