Cara Cek Info GTK dan Cetak Laman Info GTK ke File Pdf

Cara Cek Info GTK dan Cetak Laman Info GTK

Link Info GTK telah resmi dibuka oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Guru pasti tahu apa itu Info GTK yakni halaman resmi milik Kemdikbud untuk mengetahui data guru hasil dari sinkronisasi dapodik.  Selain untuk mengetahui data guru, pada umumnya dan sebagian besar guru ingin mengetahui status tunjangan profesi atau tunjangan sertifikasi. Yaitu untuk melihat valid atau tidaknya Info GTK.

Pengecekan Info GTK biasa dilakukan setiap semester atau 6 bulan sekali. Biasanya di bulan Maret-April dan September-Oktober. Dengan mengecek info GTK tentunya kita akan ketahui status validasi tunjangan profesi guru semester berjalan. Jika sudah mengetahui status validasi tersebut baik guru maupun operator bisa mengambil langkah lanjutan. Jika status INFO GTK sudah valid tentu guru dan operator sekolah akan tenang, karena hanya tinggal menunggu SKTP diterbitkan oleh admin SIMTUN kabupaten/kota. Beda jika Info GTK belum valid, tidak hanya guru yang resah, operator dapodik pun tentu gundah gulana apa sebab hingga status INFO GTK belum valid.

Operator sekolah tentunya ingin status Info GTK valid agar tidak dikejar-kejar pertanyaan oleh guru. Namun disisi lain, guru yang belum valid Info GTK kadang tidak sabar dan terus mengejar-ngejar operator menanyakan penyebab belum validnya Info GTK. Operator sendiri terkadang dibuat bingung, padahal pengisian di dapodik sudah benar seperti yang sudah pernah dilakukan semester-semester sebelumnya.

Nah agar guru tidak resah dan gelisah menunggu status SKTP nya di Info GTK berikut ini akan kita ketahui cara membuka info GTK serta penjelasan jika ada kasus data guru belum valid.

Langkah pertama 


cara login di info.gtk.kemdikbud.go.id



  1. Siapkan email dan password akun GTK yang sudah diinput di dapodik (minta ke operator dapodik)
  2. Buka browser sebaiknya memakai Google Chrome.
  3. Kemudian masukkan alamat Info GTK yakni info.gtk.kemdikbud.go.id, untuk semester genap tahun 2020 ini alamatnya ada di laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id/info_2020_s1/
  4. Kemudian masukkan email guru yang terdapat di akun GTK dan passsword yang dibuat oleh operator dapodik. lalu kode atau angka Captcha. Klik Login.


Jika email dan password dan kode captcha yang diinput  benar, maka dipastikan guru bisa masuk ke laman Info GTK dengan lancar seperti gambar di bawah.

login info GTK di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/info_2020_s1/

Untuk semester genap tahun pelajaran 2019-2020 status sementara jika penginputan di dapodik benar statusnya biasanya Valid (perlu verifikasi dinas). Ini artinya Status penerbitan SKTP tinggal menunggu verifikasi oleh admin SIM Tunjangan kabupaten/kota/propinsi. Sehingga nanti statusnya akan berubah menjadi Valid.

Guru dan operator dapodik sudah bisa tenang, karena penerbitan SKTP tinggal menunggu waktu.
yang perlu dilakukan adalah jika status sudah berubah menjadi VALID, maka guru atau operator dapodik biasanya mencetak Laman Info GTK sebagai salah satu syarat pemberkasan pencairan tunjangan profesi guru.

Demikian cara masuk atau membuka Info GTK di info.gtk.kemdikbud.go.id selanjutnya dibawah kita ikuti cara membuat atau mencetak halaman web info GTK menjadi format PDF.

Status Tunjangan Profesi Belum Valid


Sebenarnya Status Tunjangan Belum Valid ini tidak akan terjadi jika pengisian dapodik sudah benar adanya. Apalagi di jenjang sekolah dasar pengisian data guru di dapodik sudah lengkap. Operator n mengajar sudah mencukupi sebagai guru kelas dan hanya mengisi pembelajaran saja. Jadi masalah utamanya biasanya ada di pembelajaran ini. Bisa jadi belum diinput oleh operator. Masalah belum valid ini biasanya kebanyakan pada tingkatan SMA atau SMK. Karena operator kesulitan mengisi pembelajar di dapodik. Intinya sudah jarang ditemui status belum valid gara-gara nomor NUPTK yang salah dsb nya.

Tidak Bisa Login di Info GTK

Dari beberapa pantauan, ada laporan guru yang tidak bisa masuk ke akun info GTK. Penyebabnya ada berbagai faktor diantaranya:

Belum dibuatkan akun GTK di dapodik. 
Jika saat mencoba login, terdapat pemberitahuan data tidak ditemukan, maka kemungkinan besar, guru yang bersangkutan belum dibuatkan akun untuk login ke Info GTK. Untuk membuatkan akun ke Info GTK silakan buat dulu akun GTK di aplikasi Dapodik. Kemudian sinkron. Ini membutuhkan waktu beberapa hari bahkan bisa sampai 2 pekan agar bisa menggunakan akun tersebut.

Tidak bisa masuk ke laman Info GTK
Kalau kasus seperti ini kemungkinan jaringan internet yang digunakan bermasalah alias lelet, bisa juga karena padatnya lalu lintas akses untuk masuk ke Info GTK, sehingga guru kesulitan login Info GTK. Solusinya silakan cari waktu yang bukan jam sibuk, misalnya dini hari ataupun pagi hari.



Info GTK Guru yang baru lulus PPG/PPGJ


Tidak sedikit guru yang  baru lulus PPG atau PPGJ galau melihat tampilan Info GTK. Yang pasti agar status tunjangan profesi Valid, persyaratan mutlak yang harus dipenuhi adalah:
memiliki NUPTK, memiliki NRG dan memenuhi jam mengajar minimal 24 jam, dan syarat lain yang rasanya bisa dipenuhi guru. Paling banyak keluhan guru adalah terkait NRG atau Nomor Registrasi Guru.

Solusinya, bagi guru yang baru lulus PPGJ khususnya, segera serahkan sertifikat pendidik ke Operator dapodik. Nanti operator dapodik harus menginput Nomor Sertifikat Pendidik ke data guru ybs. Jika belum mengetahui NRG, kosongkan saja isian dapodik, karena NRG nanti secara otomatis akan muncul di Info GTK jika nomor sertifikat pendidik sudah diinput ke Dapodik.

Saat ini bagi guru yang baru lulus PPGJ akan menemukan datanya keterangan belum sertifikasi, ini karena Info GTK belum menarik data dari direktorat yang menangani masalah sertifikasi guru. Jadi guru harap bersabar menunggu. Cek secara berkala Info GTK.


Cara mengubah laman info GTK ke format PDF



Untuk mengubah laman web tadi menjadi dokumen pdf caranya sangat mudah. Yang penting status sudah berubah VALID. Karena kalau status Belum VALID atau  VALID (perlu diverifikasi dinas), berkas ini akan ditolak oleh admin dinas, artinya syaratnya tidak sah.

Sendainya sudah VALID, maka guru ataupun operator bisa mencetak Info GTK bisa secara langsung ataupun sebagai format PDF, yang sewaktu-waktu bisa disimpan.

Cara nya tekan Tombol pada keyboard , tombol CTRL dan P secara bersamaan, maka akan muncul tampilan seperti ini. Ingat pakailah Google Chrome, karena kalau memakai Mozilla Firefox, file pdf akan terpotong, atau tidak semuanya bisa tercetak. Sedangkan tombol Cetak PDF/Printer yang disediakan di laman tersebut, tidak berfungsi sama sekali.

cara cetak info GTK cara membuat pdf info GTK guru
cetak Info GTK 2020
Jika langkah Bapak Ibu guru sudah benar, maka akan tampil seperti di atas, silakan pilih Tujuan: Simpan Sebagai Pdf atau Save As Pdf. Tata Letak pilih Potret (portrait) Kertas silakan diatur ke A4 atau letter pada setelan lain. Terakhir Klik SIMPAN.

Selanjutnya opsi penyimpanan file pdf di komputer, sebaiknya pilih di D: Data, kemudian beri nama file pdf Info GTK nya, Diakhiri dengan mengklik Save. Maka file pdf Info GTK tadi sudah tersimpan di komputer di drive D. Ketika laptop sudah terkoneksi dengan printer, maka kita bisa langsung mencetaknya.

menyimpan info gtk ke format pdf
menyimpan info gtk ke format PDF

Catatan :

Pilihan penyimpanan ke file Pdf adalah jika kita tidak memiliki printer dan tidak bisa mencetak langsung, maka gunakan pilihan Simpan Sebagai Pdf. Jika ingin mencetak langsung tanpa menyimpan ke Pdf, maka laptop harus terhubung ke printer yang status ON/Hidup. Kemudian pilih printer yang aktif tersebut.

Demikian tadi penjelasan bagaimana cara mengecek atau login Info GTK pada semester 2 tahun pelajaran 2019-2020. Intinya jika Info GTK sudah valid, guru atau operator bisa mencetak halaman Info GTK tersebut atau menyimpannya sebagai file pdf.  Semoga artikel ini bermanfaat buat operator dapodik maupun guru. Bagi yang ingin bertanya silakan berkomentar sesuai tema artikel ini.

0 Response to "Cara Cek Info GTK dan Cetak Laman Info GTK ke File Pdf"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel